Sabtu, 16 Agustus 2008

Tentang Fhotography

Apa benar memotret itu mudah? Kalau benar mudah, mengapa kita tak kunjung dapat membuat foto yang bagus? Pertanyaan sederhana yang sering diajukan para pemula yang mulai menggeluti fotografi ini, sering membuat mereka frustrasi. Mereka memiliki kamera yang canggih dan berharga mahal. Namun foto yang dihasilkan tidak membuatnya puas. Mengapa demikian ?

Memotret memang mudah. Anak balita pun tak akan kesulitan melakukan pemotretan. Apalagi dengan kamera digital dengan beragam feature, yang memudahkannya. Mau membuat portrait, bisa. Mau memotret di malam hari, simple. Akan memotret orang berlari, tinggal geser ke simbol orang berlari, jepret, selesai. Sangat mudah dan pasti jadi. Hasilnya pun langsung terlihat. Kamera digital memang memudahkan. Tetapi apa fotografi memang sesederhana itu?

Memotret dan membuat foto indah adalah dua hal yang berbeda. Orang bisa menulis dan merangkaikan kata menjadi kalimat, bukan berarti dia dapat membuat puisi yang indah. Orang bisa menorehkan kuas dalam selembar kanvas, tidaklah berarti dia mampu membuat lukisan. Demikian juga dengan memotret dan membuat foto indah. Dibutuhkan kemampuan kreatif dalam membuat foto indah, dan tidak sekedar menekan tombol shutter.

Tidak ada komentar: